Persiapan untuk Pemasaran
Minggu, 02 Maret 2014
0
komentar
Persiapan untuk Pemasaran. Seorang pengusaha pemula atau sales produk baru, sangat dituntut untuk mencapai target atau melampaui target penjualan yang ditetapkan, meraih keuntungan sebesar besarnya dengan biaya sekecil kecilnya agar anda & perusahaan anda mendapatkan uang untuk menghidupi perusahaan & menggaji karyawan. inilah siklus usaha, yakni menjual. Pada prakteknya menjual produk baru tidaklah mudah, apalagi ditengah persaingan & keterbatasan modal.
Dibawah ini beberapa persiapan untuk menjual produk :
- Kumpulkan & susun database pelanggan/calon pelanggan yang akan kita tawari produk. caranya bisa dari referral (saran dari orang yang kita kenal), dari media publik, dari canvassing, dan lain sebagainya. kumpulkan informasi apapun tentang mereka, kehidupan pribadi & profesional mereka, hal ini sering juga disebut data intelejen, yang nantinya bisa kita manfaatkan untuk masuk ke sisi emosional mereka agar mereka bersedia membeli produk kita
- Membuat atau menyusun surat penawaran/brosur/flyer/katalog/kuisioner untuk database yang kita miliki.
- Bawa peralatan yang diperlukan untuk presentasi, misalnya laptop, produk sample,dll.
- Persiapkan Customize pesanan. ini adalah trik jitu untuk menjawab keberatan calon pelanggan. apapun yang dia nyatakan tentang keberatannya, tanyakan sudut pandangnya seperti apa, lalu kita tawarkan costumize produk/order sesuai sudut pandangnya. beri kemudahan pembayaran, jika memungkinkan, beri keringanan pembayaran dengan cicilan, atau diskon, bonus, dll. jika setelah berbagai trik tidak berhasil, tetaplah bersikap ramah & profesional. minta referral/saran pada calon pelanggan kita itu, siapa yang harusnya kita tawari produk kita. dengan begitu, kita tidak akan kehabisan daftar prospek/database.
Setelah persiapan hal diatas maka yang harus diperhatikan penjual adalah :
- Delivery/eksekusi: pengiriman barang, pelaksanaan service/layanan. titik beratkan pada kualitas & kecepatan. jangan lupa setelah delivery, telepon untuk membimbingnya dalam pemakaian produk, perawatan produk, kesiapan garansi dll yang akan membuatnya merasa nyaman.
- Maintenance: ini yang paling sering diabaikan seoramng salesman, yaitu memelihara hubungan baik dengan pembeli. ini akan membuat pembeli itu melakukan pembelian berikutnya, menceritakan pada kerabat & teman-temannya tentang keunggulan pelayanan kita & membuat lebih banyak pelanggan datang kepada kita. pertahankan hubungan baik, bisa melalui kunjungan langsung, via telepon, surat, BB, e-mail atau media lain, dengan ucapan selamat, ucapan terima kasih, info katalog produk, info promo diskon, atau apaun yang membuat dia merasa selalu dianggap, penting & dihargai. survey kepuasannya terhadap produk & layanan kita. tanyakan apa kekurangan/keunggulan produk kita, lalu tawari lagi produk baru sesuai jawabannya. ingat, selalu siap menjawab "ya" untuk setiap kebutuhannya, & segera customize sesuai pesanannya.
Banyak & sering sekali ahli ahli marketing mengkelompokkan tipe tipe pembeli kedalam begitu banyak sifat & karakter, lalu menjabarkan trik trik khusus yang berbeda untuk menghadapi berbagai karakter pembeli tersebut. tapi pada intinya sederhana, sama saja, yaitu, sesuaikan diri kita dengan iramanya, kecenderungan gerak gerik & gaya bicaranya, sesuaikan level bicara & bahasa tubuh kita, sesuaikan tema pembicaraan kita sesuai minatnya, tanyakan kendala yang dihadapinya, jawab keberatan & kebutuhannya dengan tawaran customize produk/jasa sesuai permintaanya. inilah inti, jiwa di setiap penjualan.
Terima kasih semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Persiapan untuk Pemasaran
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://jasamarketingproduk.blogspot.com/2014/03/persiapan-untuk-pemasaran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar